Category: tutorial wordpress

Buat Website gratis dengan WordPress

Dijaman serba internet seperti ini, berbagai informasi dengan cepat bisa tersebar  sepanjang ada akses internet. Apalagi dengan hape murah pun sudah bisa internetan. Memiliki website nampaknya sudah menjadi kebutuhan baik bagi institusi,perusahaan,jasa,dll.

Banyaknya bermunculan jasa pembuatan website, dari yang murah sampai yang professional.tergantung kemampuan kita. Namun jika ada kemauan kitapun bisa membuat website sendiri. Untuk sewa domain dan hosting tergantung kebutuhan. Untuk anda yang baru tahap pemula, saya sarankan pakai yang gratisan, hitung-hitungbelajar dulu setelah cukup mahir kita bisa gunakan yang berbayar.

Nah jika anda ingin tahu cara membuat website gratis sendiri dengan mudah tanpa perlu menyewa jasa pembuatan website, maka perhatikanlah langkah-langkah yang ada di bawah.

Untuk mempermudah anda memahani cara membuat website sendiri di sini saya menggunakan sebuah hosting gratis yaitu idhostinger karena anda akan mendapatkan 2 GB disk space, 100GB Bandwidth secara cuma cuma selamanya dan anda dapat upgrade jika diperlukan.

Cara Membuat Website gratis

1. Kunjungi situs idhostinger di www.idhostinger.com atau klik gambar
Hosting Gratis
2. Klik kotak Order Sekarang!
3. Isilah form pendaftaran dengan nama anda, email, password, isi kode yang terlihat, centang kotak kecil dan klik buat akun. Jika anda belum tahu cara membuat email gmail silahkan anda baca artikel cara membuat email untuk membantu cara membuat website gratis anda.

4. Buka email anda dan klik link verifikasi yang telah dikirimkan
5. Ada 3 pilihan hosting untuk anda, karena kita ingin belajar cara membuat website gratis maka pilihlah yang gratis, klik order

6. Isi subdomain anda (jangan kurang dari 5 huruf), inilah yang akan menjadi bagian dari alamat anda nanti, pada kotak sebelah kanan pilih yang sesuai keinginan anda. setelah selesai isi semuanya, klik buat. Dan anda klik lagi tombol kelola.

7. Dan sekarang anda berada pada Cpanel, cari tulisan penginstallan otomatis , lalu klik saja tulisan tersebut

Cara membuat website sendiri

8. selanjutnya adalah pilih layanan website gratis dari wordpress

9. Biarkan kotak bertuliskan install ke –  (jangan diisi ), kemudian isi nama pengguna (boleh nama anda kalau bisa jangan menggunakan kata admin), isi password juga dan klik install wordpress 3.3.1., jika ada tampilan isi direktori akan ditimpa ? klik yes…,  tunggulah prosesnya hingga selesai.

10. Dan website gratis anda sudah jadi, anda dapat login ke website anda dengan cara meng-klik ‘manage’ pada tab hosting atau klik saja nama domain misalnya namadomain.p.ht lalu pilih ‘log in’ (lihat bagian kanan bawah) dan isi username dan password.

Anda juga bisa masuk ke website anda dengan cara mengetik www.namadomain/wp-admin  contoh nya www.namadomain.p.ht/wp-admin ataupun mengetik www.namadomain/wp-login.php dan anda akan masuk ke wordpress sebagai tanda bahwa anda telah berhasil membuat website sendiri.
Untuk lebih jelas silahkan lihat video berikut :

Silahkan anda berkreasi dengan membuat website anda tersebut dan jika berkeinginan lebih serius lagi untuk agar tahu cara membuat website, silahkan baca artikel CD Tutorial WordPress,  dari sini anda akan mendapatkan cara membuat website secara profesional.

Langkah Mudah Mengelola WordPress

Langkah Mengelola WordPress

1. Log in
2. Setting General
3. Memasang / Mengganti Themes
4. Membuat Category
5. Membuat Menu dan Submenu
6. Membuat Postingan / Artikel / tulisan
7. Membuat Page / Halaman
8. Memasang Plug In
9. Memasang Widget
10. Menambah User
11. Membuat Tautan
12. Eksport & Import database

Dapatkan Pelatihan Online lewat Kelas Online :
Paket lengkap (Domain + Hosting + CD Tutorial)
Bonus : Kumpulan Themes,Plugin,dan Tips lainnya
Harga :
Untuk Domain www.namadomain.web.id = Rp. 255.000 / Tahun
www.namadomain.sch.id (web sekolah) = Rp. 255.000 / Tahun
www.namadomain.com = Rp. 300.000 / Tahun
www.namadomain.org = Rp. 320.000 / Tahun
Garansi …
Konsultasi lewat Facebook, atau Messenger
Bisa juga lewat Telp. / SMS (0859 2143 6161 / 0813 1767 1651)

Install WordPress di Localhost Menggunakan XAMPP

Saya akan membahas bagaiamana cara install WordPress di localhost menggunakan XAMPP. Cukup mudah sebenarnya, namun memang membutuhkan sedikit kecermatan dan sering coba-coba.

Instalasi WordPress di Localhost

  1. Siapkan file WordPress terbaru. Kalau belum punya bisa ngunduh dulu atau download langsung di WordPress.org.
  2. Buka folder XAMPP di komputer Anda. Lalu bukalah folder htdocs. Copy-kan file WordPress ke dalam folder ini. Lebih mudahnya, buka Windows Explorer, lalu ketik C:xampphtdocs pada bagian folder address seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

*) NB:
Folder htdocs merupakan folder yang dipakai untuk menaruh file-file yang bisa dibuka di browser. Jika kita menaruh selain di folder ini, maka browser tidak akan bisa membukanya. Biasanya kalau settingan masih default, folder ada di drive C. Jadi pastikan jangan salah taruh ya..

Apabila file masih dalam bentuk compress, maka ekstrak terlebih dahulu. Default folder hasil ekstrak biasanya bernama ‘wordpress’. Jika mau, nantinya Anda bisa mengganti nama folder ini menjadi nama yang Anda sukai. Katakanlah nama website Anda. Di sini saya menggantinya dengan nama ‘blogku’. Jika diakses, hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Sekarang bukalah browser favorit Anda. Untuk membuka situs wordpress offline ini, nantinya kita bisa mengaksesnya dengan alamat http://localhost/nama_folder. Kalau milik saya ya bukanya pakai alamat http://localhost/blogku. Jika milik Anda tetap memakai folder default, maka alamatnya http://localhost/wordpress. Ketikkan di address bar. Lalu klik Create a Configuration File.

Klik Let’s Go.

Isikan nama database, user name, dan password yang sudah Anda buat sebelumnya. Jika belum, Anda bisa membacanya pada tutorial cara membuat database menggunakan XAMPP. Pada bagian Database Host isikan dengan localhost saja. Klik Submit.

Klik Run the Install.

Isikan data-data yang dibutuhkan untuk admin dan nama website. Setelah itu klik install wordpress.

Selamat! WordPress offline Anda sudah jadi. Silahkan Login.

Masukkan username dan password yang telah Anda buat pada langkah no.8 untuk login ke Dashboard. Cara lain bisa langsung mengetikkan alamat di browser http://localhost/nama_folder/wp-admin. Jika di tempat saya berarti menggunakan alamat http://localhost/blogku/wp-admin.

Nah, demikianlah langkah-langkah bagaimana kita menginstal WordPress offline di localhost menggunakan XAMPP.

sumber : http://webhostmu.com/cara-install-wordpress-di-localhost/